Ads

Ads
Saksikan hanya di Youtube Cak Rye

19 Mei 2020

Cara Pembuatan Soal Online dengan Google Form

cak rye     Mei 19, 2020    


Cara membuat soal online
cara pembuatan soal online
Google Form atau Google Formulir adalah salah satu fasilitas yang dimiliki oleh Google dalam pembuatan berbagai macam formulir seperti absen, daftar produk, dan lain-lain. Kali ini cak rye ingin membagikan bagaimana caranya membuat soal online yang sekarang memang lagi dibutuhkan oleh para guru dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh dalam situasi pandemi corona seperti ini. Dalam pembuatan soal online ini bapak/ibu guru bisa mengkombinasikan soal esey dan pilihan ganda yang memang sering digunakan oleh guru untuk mengevaluasi siswanya yang telah diberikan materi selama pembelajaran.


Dalam tutorial kali ini cak rye mencontohkan pembuatan soal pilihan ganda yang nantinya akan dikemas secara otomatis sehingga siswa dapat mengetahui hasilnya secara langsung setelah siswa selesai mengerjakan soal dan mengirimkan hasil pekerjaanya secara online kepada guru sehingga guru akan lebih ringan pekerjaannya karena tidak diperlukan lagi koreksi manual yang selama ini dilakukan di dalam kelas bahkan sampai dibawa pulang ke rumah untuk sekedar mengkoreksi hasil pekerjaan ulangan siswa, guru tinggal merekap hasil ulangan siswa yang dapat diunduh soal yang sudah dibuat di google formulir.
Syarat yang harus dimiliki sebelum membuat soal online dengan Google Formulir adalah bapak dan ibu guru harus memiliki email google, yang kebanyakan memang sudah memiliki karena tidak terlepas dengan akun yang sering digunakan saat bapak/ibu guru menggunakan handphone atau smartphone, nah untuk memanfatkan hal tersebut maka bapak/ibu guru langsung saja untuk menuju ke halaman google dan melakukan login.
Untuk lebih jelasnya silahkan simak video tutorial yang sudah saya persiapkan untuk bapak/ibu guru yang membutuhkan (Silahkan klik disini atau Pada Gambar di atas). selamat berkarya dan smoga bermanfaat.

0 comments :

Komentar tidak diperkenankan berbau SARA

Arsip Blog

Pintasan post

© 2011-2014 Cak Rye BBPMP Jatim. Designed by Bloggertheme9. Powered By Blogger | Published By Blogger Templates .