Ads

Ads
Saksikan hanya di Youtube Cak Rye

26 November 2021

Membuat Video Pembelajaran dengan Powerpoint

cak rye     November 26, 2021    

Siapa yang tak kenal dengan Microsoft Powerpoint yang terdapat dalam paket Microsoft Office. Ms Power Point merupakan salah satu dari 4 aplikasi populer bawaan Ms. Office (Ms. Word, Ms.Excel, Ms. PowerPoint, dan Ms.Access). Ms PowerPoint adalah aplikasi khusus untuk melakukan paparan atau pembuatan materi presentasi, akan tetapi tahukan anda bahwa PowerPoint juga bisa digunakan sebagai media pembuatan video pembelajaran atau video konten youtube yang menghasilkan video berformat MP4?

 

Yuk kita mulai sekarang untuk Pembuat video menggunakan PowerPoint.

Langkah pertama adalah silahkan buka aplikasi Ms. PowerPoint tahun 2016 keatas agar nantinya menu-menunya sama dengan yang kita ajarkan disini, walau secara teknis jika mengunakan Ms. PowerPoint minimal mulai tahun 2012 sudah bisa membuat video. Disini kita sudah bisa crop, potong, record dan render seperti yang dilakukan oleh aplikasi profesional editing video. Langkah selanjutnya adalah memasukkan video dan atau gambar yang bisa kita ambil dari video dan foto HandPhone atau dari perangkat lain seperti handycam yang sudah kita transfer ke dalam komputer. 

 


Cara memasukkan video : masuk ke menu Insert - Media - Video - This Device. Kemudian pilih video yang akan dimasukkan ke PowerPoint dari folder penyimpanan file anda. Setelah video berhasil dimasukkan maka kita lakukan proses editing. Nah proses editing itu sendiri terdiri dari : potong video, kecerahan/kontras video, croping (pemotongan video di area tertentu) dan bisa juga menambahkan effek tampilan video yang kita masukkan tadi.

 

Jika menggunakan Ms. Office 2012 maka biasanya terkendala saat menjalankan video langsung di PowerPoinnya, nah untuk mengatasi hal tersebut silahkan install terlebih dahulu file codec LAV Filter. Jika menggunakan Ms Office 2016 maka Codec tidak perlu di Install karena PowerPoint sudah bisa menjalankan preview video dalam lembar kerjanya.

Selanjutnya kita lakukan proses editing dengan memotong video, crop video mengambil bagian tertentu, style video, merubah warna kontras video, trim video, start/stop video, format video dan bisa juga menambah tulisan seperti biasa saat kita membuat paparan presentasi.

Setelah semua video kita lakukan proses editing maka langkah selanjutnya bisa menambahkan Audio. Audio bisa berupa penjelasan video, recording langsung ataupun dengan cara import dari audio yang kita rekam di handphone. Jika akan melakukan rekaman langsung dari powerpoint maka perlu disiapkan terlebih dahulu headset agar mempermudah dalam penangkapan suara kita.

 

Langkah terakhir setelah kita selesai menata Video, audio dan rekaman kita di PowerPoint maka kita lakukan proses penyimpanan hasil yang nantinya akan mendapatkan file yang berekstensi MP4. Langkah ini sering disebut dengan proses Rendering. Untuk rendereing atau proses pembuatan video seperti pada gambar di bawah ini : File - Exsport - Create Video. Untuk quality video ada pilihannya silahkan disesuaikan dengan keperlua. Jika Video akan digunakan di konten Youtube maka pilihlah ukuran video yang berkualitas HD : 1920 x 080 atau 1024 x 720


Setelah memilih kualitas video maka bisa langsung klik ikon Create Video maka proses rendering akan berjalan dengan ditandai indikator bar yang berjalan perlahan di toolbar bawah powerpoint. Untuk lama proses rendering tergantung dari spesifikasi komputer/laptop kita dan slide powerpoint yang berisi video, semakin banyak slide dan video maka proses rendering akan semaki lama.

Demikian cara pembuatan video hanya dengan powerpoint, akhir kata semoga tutorial ini bermanfaat, terima kasih.

Link materi PDF Pembuatan Video dengan PowerPoint

Link Youtube Tutorial Pembuatan Video Pembelajaran dengan PowerPoint

0 comments :

Komentar tidak diperkenankan berbau SARA

Arsip Blog

Pintasan post

© 2011-2014 Cak Rye BBPMP Jatim. Designed by Bloggertheme9. Powered By Blogger | Published By Blogger Templates .